Cara Perpanjang SIM B1 dan SIM B Umum

SIM B1 dan SIM B Umum merupakan salah satu surat penting yang wajib dimiliki oleh pengendara kendaraan bermotor bermuatan penumpang, barang umum, dan alat berat, seperti truk, bus, minibus, mobil pick up, dan mobil box.

Pada umumnya, umur masa berlaku dari SIM B maksimal adalah 5 tahun semenjak dibuat. Setelah melebihi masa berlaku, setiap SIM wajib untuk diperpanjang jangka waktunya sebagai bukti bahwa pengemudi telah memenuhi persyaratan administrasi, dan kesehatan serta paham dengan aturan lalu lintas.

Bagaimana jika kita terlambat memperpanjang SIM B?

Resiko yang Anda dapatkan ada 2, yakni Anda terkena tilang, dan wajib membuat SIM B1 dan SIM B Umum ulang dari awal. Repot, kan?

Oleh sebab itu, sebagai warga negara yang baik, sudah sepantasnya kita selalu memperbaiki dan mematuhi peraturan yang sudah berlaku di Indonesia. Lagipula, perpanjangan SIM B justru akan lebih banyak memberikan manfaat pada diri Anda sendiri, khusunya bagi Anda yang sering mengemudi jarak jauh, seperti ke luar kota atau ke luar pulau.

Bagi Anda yang masih belum paham tentang bagaimana cara perpanjang SIM B1 dan SIM B Umum, jangan khawatir terlebih dahulu. Karena, Anda akan mendapatkan solusinya lengkap di artikel berikut ini.


Cara Perpanjang SIM B1 dan SIM B Umum

sim b1 dan sim b1 umum

Langkah-langkah ini akan Anda dapatkan dalam beberapa sub bab yang lebih jelas dan ringkas. Silahkan baca mulai dari awal. Jika ada bagian yang memang Anda sudah paham, silahkan lanjutkan pada bagian selanjutnya untuk mengetahui lebih lengkap informasi mengenai cara perpanjang SIM B.

1. Syarat Perpanjang SIM B

Sebelum explore lebih jauh, alangkah baiknya untuk kita mengetahui terlebih dahulu apa saja perysaratan ketika ingin memperpanjang masa berlaku SIM B. Berikut ini adalah syarat-syaratnya:

  • 1 KTP asli dan 1 salinan KTP (nama sesuai dengan SIM).
  • Masa tenggang SIM yang asli tidak boleh melebihi dari 3 bulan. Contoh, ketika Anda ingin perpanjang SIM B yang mati pada bulan Agustus 2018, maka Anda tidak diperbolehkan perpanjang kembali setelah melewati bulan November.
  • SIM asli masih ada.
  • Surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas terdekat.
  • Sejumlah uang untuk membayar biaya administrasi perpanjang SIM.
  • Surat klipeng.

2. Biaya Perpanjang SIM B1 dan SIM B Umum

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), biaya perpanjang SIM B sekitar Rp 80.000, ditambah asuransi Rp 30.000 dan tes kesehatan Rp 25.000. Sehingga, total biaya perpanjang SIM B adalah sekitar Rp 135.000. Cek pajak kendaraan kamu disini.

3. Prosedur Perpanjang SIM B1 dan SIM B Umum

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurus perpanjangan SIM B.

  • Datanglah ke satpas pada pagi hari dan hari kerja dengan membawa pulpen. Kenapa di hari kerja? Karena, satpas akan sangat penuh di hari libur, cukup membosankan untuk menunggu.
  • Langsunglah menuju loket formulir (dibuka jam 08.00).
  • Setelah itu, segeralah menuju ke loket kesehatan untuk melakukan cek kesehatan berupa buta warna dan tekanan darah.
  • Berikah hasil tes kesehatan, salinan KTP, dan SIM asli yang ingin diperpanjang di ruang informasi dan pendafataran pemohon SIM.
  • Setelah ini, Anda akan mendapatkan formulir biru dan kartu asuransi di dalam map putih.
  • Mintalah formulir pengajuan perpanjangan SIM di loket pendaftaran. Isi formulir tersebut secara lengkap, jika ada yang kurang bisa dipahami silahkan tanyakan ke petugas di sekitar.
  • Tunggu hingga petugas memanggil Anda untuk masuk ke dalam ruang rekam. Disini, Anda akan diminta foto, tanda tangan dan save sidik jari untuk keperluan SIM B yang baru.
  • Tunggu dan ambil SIM B1 atau SIM B Umum yang telah Anda perpanjang setelah Anda dipanggil oleh petugas.

Nah itulah rincian bagaimana cara perpanjang SIM B untuk Anda yang masa aktifnya akan segera habis.

Tapi, bagaimana jika kita tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor satpas dan mengurus perpanjangan SIM?

Jawabannya adalah perpanjanglah SIM A dan SIM C Anda secara online di website http://www.korlantas.polri.go.id./.

Ingat, perpanjangan SIM online hanya berlaku untuk SIM A dan SIM C. Jadi, untuk Anda yang ingin perpanjang SIM B, harus mengujungi satpas.

Jasa Logistik Online

Susah mencari jasa pindahan, sewa truk, kirim motor atau kirim barang ukuran besar?

Anda dapat mencari di www.kargo.tech:

38 Replies to “Cara Perpanjang SIM B1 dan SIM B Umum”

  1. Tanya: SIM saya B1 Umum, expire tgl 25/11/2018 , dan pada bulan berikutnya yaitu tgl 25/12/2018 saya melakukan ke polres mengurus perpanjangan SIM, namun dikarenakan SIM B1 saya udah expire 1 bulan maka menurut Polisi bahwa saya tidak bisa mengurus SIM B 1 Umum lagi dan harus membuat SIM A mulai dari awal lagi, apakah memang demikian aturannya?
    Mohon pencerahannya,tks

  2. Kayanya tidak sama karna ketika saya perpanjang sim di B1 kenapa saya di tes ulang dengan simulasi dan kondisi sim saya masih berlaku

  3. Asalamualaikum kepada humas polri/satlantas yg terhormat. Saya mohon informasi yg jelas.. saya mau ngurus si b1 yg hilang waktu ny masih 4th kenapa harus seperti bikin baru lagi. Biaya jg memberat kan.. mencapai 800rb. Mohon keterangan resmi.. saya mau ngurus sim saya. Wa 087876057308

    1. Saya mau memperjang sim b1 ke b1 umum, tapi sim saya sudah mati bulan juli 2018, apakah persyaratan yg hrs saya persiapkan dan berapa biayanya, saya tinggal di Langsa aceh.
      Mohon penjelasannta. Tks

  4. sebelumnya saya minta maaf mau tanya kalau perpanjang sim B1 trus kita di suruh test komputer tetapi kita tidak lulus sampai mengulang 2x dan pada waktu itu petugas tau kalau masa sim saya akan habis trus gimana ……apa yg di salahkan yg kita mau perpanjang apa petugasnya…..soalnya kita sebelum nya sudah test komputer dan lulus masak di waktu perpanjang harus sesulit ini mohon pencerahannya terimakasih

  5. Info dg praktek pembuatan/perpanjang sim apapun beda sekali.prakteknya sangat sulit dan biayanya pembuatan/ perpanjang sangat mahal.tks

    1. Setahu ane nggak bisa kalo dr sebelum nya sim A langsung ke B 1 UMUM ,
      kecuali A UMUM ke B 1 UMUM..
      kalo sebelum nya A polos minimal 1tahun dulu memilikinya baru naik ke B1 baru nanti minimal 1 tahun memiliki B1 polos baru Bisa ke B1 UMUM ..
      Jadi minimal 2 tahun proses nya …

      Wallohu a’lam ..

      1. Edit :
        Setahu ane kalo sebelum nya SIM A ( polos ) tdk bisa kalo langsung ditingkatkan menjadi ke B1 UMUM
        Krn syarat yang ane ketahui untuk ke B1 UMUM harus minimal 1 tahun dulu memiliki SIM A ,baru dapat di tingkatkan menjadi B 1 ( polos) / A UMUM ,setelah memiliki SIM B 1 (polos) / A UMUM minimal selama 1 tahun baru dapat ditingkatkan menjadi BI UMUM …

        tapi nggak tahu kalo ada cara lain ..
        Karena ada pepatah kata ” bil fulus ,…
        Mulus…

        Wallohu a’lam

  6. Kalo menyimak dan membaca prosedur tata cara perpanjang sim b1/b2 umum ini sangatlah mudah.akan tetapi berbeda dengan kenyataan,saat kita jalani prosesnya.dan menurut saya perpanjang/buat baru sama aja prosesnya seperti buat baru.padahal kita dah ada ijasah simulator yg di simpan di Sana.

  7. Peningkatan sim b1 ke sim b1 umum kenyataan nya tetap harus di tes lg tes simulator, rata rata or gagal d tes simulator, pada hal sim wkt abis nya msh pjng, knp harus di tes simulator lg.. Ini keterangan di google tdk benar.

    1. Ini bener bener ga sesuai ma kenyataannya,krn Sy UD 3x bolak balik cuma buat tes simulator,tp ga lulus2 jg,waktu kita,tenaga kita,blm buat mkn kita,habis sudah semuanya,knp ga di permudah saja

      1. Bener banget…
        Kalo urus sendiri biar katanya gak boleh melalui calo spt poster2 yg ada dikantor satlantas tp kalo hasilnya gak lulus2 juga repot kan…
        Kenapa juga gak disamakan dgn sim A saja yg bisa dilakukan perpanjangan di sim keliling…
        Kecuali kalo buat baru bolehlah dilakukan test lg…
        Udah 3x saya perpanjangan B1 hrus ikut psikotest sama simulator by calo…
        Kalo gak by calo ya itu bisa 2x bahkan 3x test blm tentu lulus…
        Pengalaman ketemu sm org yg ngurus perpanjangan sendiri kaga lulus2.
        Alhasil ngomong sm petugas yg lg nongkrong lalu dimintalah berkasnya sambil bilang *yaudah besok kesini lagi test skedar formalitas lalu foto*….
        Kesimpulannya lulus & tidaknya itu rekayasa sebetulnya…
        Kenyataannya pake calo sehari jadi ; urus sendiri 2x kagak lulus2..rugi waktu & tenaga….

  8. Saya minta penjelasan dari pihak polri info ini benar adanya apa hoax karna saya mau perpanjang SIM hari ini dan SIM saya habis tanggal 13 Desember 2019 dengan berpatokan info di atas tapi kata petugas info di atas tidak berlaku

  9. Saya minta penjelasan dari pihak polri info ini benar adanya apa hoax karna saya mau perpanjang SIM hari ini dan SIM saya habis tanggal 13 Desember 2019 dengan berpatokan info di atas tapi kata petugas info di atas tidak berlaku dan SIM saya di nyatakan sudah tidak dapat di perpanjang kembali

  10. Assalamualaikum, saya mau bertanya apakah benar harga memperpanjang sim b1 umum sebesar 850,000 saya tadi habis beres memperpanjang sim b1 umum mengantarkan bapa saya dan biayanyah segitu ? Terimakasih minta jawabanyah salam hormat saya

    1. Itu sdh murah kalo tahu beres alias tinggal foto doang..
      Dulu ane pernah di tawari 1.2 nego2 mentok 1.1 akhirnya nggak jadi …

  11. ingat mati pak… hidup ga selamanya..
    uang yg bapak dapat dari memeras uang para supir itu haram
    aturan perpanjangan SIM tidak harus ujian lagi
    harga resmi 80rb membengkak jadi 1juta lebih..
    semoga bapak diberi azab oleh kami didoakan

  12. Pak Polisi urusan sim B 1 Umum.
    Kapan aturan pembuatan sim diberitahukan dengan transparan?
    Kan sekarang polisi sudah mendeklarasikan diri transparansi.
    Kalo masang prosedur cara perpanjangan sim harusnya ya yg sesuai dengan kenyataan annya dalam praktik. Jangan hanya teori nya mudah sederhana, tapi dikerjakan nya berbelit belit, tidak sama dengan prosedur yg dipampangkan didepan para pembuat atau perpanjangan sim?
    Apakah seperti itu jujur?

  13. Sya datang ke polres, sya tanya ke petugas pendaftaran, trus di mita KTP, SIM B2 UMUM, dan nomor hp. Sya di suruh nunggu, selang 5 menit sya di panggil, masuk ke ruangan. Bla bla bla, sya tanya biaya nya pak polisi nya minta 900. Kata nya klo mau di bantu.
    Ini di bantu apa nyekik masyarakat.

  14. Dilapangan penerapannya beda , pasti disuruh tes simulasi atau dingdong yang sebelum tes dingdong di kasih tau petugas sudah pasti tidak lulus, dan akan disuruh datang minggu depan
    Tetap saja harus 1,2 juta

  15. Pengurusan perpanjangan sim B1 merepotkan dan tetep calo yg berkuasa.
    Negara Indonesia sudah banyak koruptornya aplg di satpas, poster GEDE tp calo banyak, kenapa gak diberantas aja calo2nya pdhl di sarangnya petugas polisi.
    Semoga bapak2 pejabat membacanya. pembalasan diakhirat lebih kejam daripada didunia. Ingat ya pak pejabat koruptor yg ada di perpanjangan SIM 😡sekarang anda bisa menikmati hasil korupsi, tp diakhirat yg keseret keneraka semua keluarga yg makan uang haram MU😡kami akan minta ALLAH utk menghakimi mu.

  16. Hai.. bapak dan ibu pejabat yang ada disatpas perpanjangan sim daanmogot.
    POSTER GEDE TERPAMPANG TIDAK PAKE CALO tp CALO BANYAK BERKELIARAN TIDAK DI BERSIHKAN.
    Perpanjangan Sim sama dgn bikin baru, tes gak lulus, malah diketawai sama petugas krn gak lulus, calo2 sudah nunggu utk memakai jasanya.
    DASAAARRRR PEJABAT KORUPTOR. BUKA KEDOK MU
    MANA KATANYA BERSIH DARI CALO…..GOBLOK GAK PUNYA HATI, SEMOGA ANAK2 CUCUMU PARA PEJABAT KORUPTOR IKUT KENERAKA BERSAMA MU
    SEMOGA MASIH ADA PARA PEJABAT YG BERSIH JUJUR DAN TIDAK KORUPSI

    JIJIK MELIHAT PAKE SERAGAM DINAS TAPI KELAKUAN PREMAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *